THE TREASURE ISLAND OF BERAU – PULAU DERAWAN

 

Pulau Derawan (Bandara terdekat : Berau (BEJ)

(sumber gambar: https://www.jappaz.com)

Kali ini tulisan saya tidak berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan berarti saya menuliskan ini tanpa ada alasan terselubung. Pernah dengar, baca, atau bahkan menuliskan kalimat ini kembali?

The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams. – Eleanor Roosevelt”

Berangkat dari kalimat tersebut saya memberanikan diri untuk menuliskan tentang Pulau Derawan (dengan beberapa referensi dari mesin pencari) meskipun saya belum pernah menjajakan kaki di sana.. Indahnya bahkan tidak mampu saya lukiskan karena saya tidak pandai melukis (hahahhaha, maaf agak sedikit jayus). Barangkali, suatu saat yang tepat saya bisa menikmati langsung tanpa harus membuat mimpi saya semakin “memanas”.

Daripada semakin memanas, mari kita mulai…..

Bagi kamu penggila diving dan snorkeling, Pulau Derawan menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan menyuguhkan keindahan bawah lautnya yang mempesona dengan hamparan lautan yang biru ditambah indahnya terumbu karang serta biota lautnya yang memberikan pengalaman tak terlupakan. Tidak heran jika pulau ini menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf dunia dan menjadikan pulau ini sebagai pulau impian bagi para penyelam. Keren kan? Pastinya dong!!! Indonesia itu indah Bro…!

Untuk mencapai Pulau Derawan itu sendiri tidak begitu sulit namun melelahkan. Jika perjalanan melalaui jalan darat, sebenarnya bisa dari Balikpapan, namun mengingat akses jalan di Kalimantan belum begitu baik, jadi waktu tempuhnya bisa sampai berhari-hari. Nah, sebaiknya kamu mengambil penerbangan Jakarta-Balikpapan-Berau dengan Sriwijaya Air, sesampainya di Tanjung Redep yang merupakan ibukota kabupaten Berau perjalanan kamu harus dilanjutkan menuju Tanjung Batu yang memakan waktu kurang lebih selama 2 jam. Dari Tanjung Batu, kamu tinggal naik speedboat selama 45 menit. Dan…. Walahhhh.. rasa letih akan terbayarkan saat pertama sekali mata kamu mulai melihat ke sekeliling Pulau Derawan.

Selama di Pulau Derawan tentu saja kamu dilarang untuk bermalas-malasan di dalam kamar penginapan. Ada banyak aktivitas yang menanti di depan kamu. Misalnya, kamu bisa diving menyusuri keindahan bawah lautnya, bermain bersama penyu-penyu hijau, dan jika kamu beruntung, kamu akan melihat penyu hijau raksasa yang sudah berusia pulahn tahun lho! Tidak hanya itu, jarak 50 meter dari garis pantai, kamu bisa melihat keindahan biota bawah lautnya Pulau Derawan, terumbu karang dan ikan-ikan warna warni yang lucu hilir mudik menghiasi taman bawah lautnya. Agar lebih nyaman menyelam, di sana tersedia penyewaan peralatan menyelam, sehingga pengunjung bisa menyelam lebih dalam, untuk menemukan biota laut yang lebih “eksotis”; seperti kerapu, ikan merah, ikan kurisi, ikan barracuda, teripang, dan kerang.

Selain itu pada kedalaman sepuluh meter kamu dapat melihat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”. Nama itu lahir karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak dihuni oleh ikan trigger.

Dari Pulau Derawan, pastinya kamu juga bisa mengunjungi pulau lainnya di sekitar Derawan. Misalnya; Pulau Sangalaki, Maratua, dan Pulau Kakaban dengan keunikannya tersendiri. Di pulau Sangalaki, terdapat populasi ikan Pari Biru (Manta Rays) yang lebarnya mencapai 3,5 meter. Malah kamu bisa menjumpai – jika kamu cukup beruntung – ikan pari hitam dengan lebar “bentang sayap” 6 meter. Nah, di pulau Kakaban, kamu juga bisa lho snorkeling ditemani dengan ubur-ubur tanpa sengat, walapun terasa agak gatal saat menyentuh permukaan kulit. Dan juga ada pulau Maratua yang tidak kalah menggodanya untuk dijadikan kativitas snorkeling. Untuk wisata kulinernya jangan khawatir, Pulau Derawan juga menyuguhkan hasil lautnya yang akan memanjakan lidah kamu.

Bagaiamana? Masih tidak tertarik untuk menjejakkan kaki di Pulau Derawan? Kalau saya sangat tertarik!!!!!! Segala keindahan pulau tropis terdapat di pulau ini dengan biota laut khas Indonesia Timurnya, tidak disangkal lagi bahwa Pulau Derawan merupakan salah satu The Treasure Island of Indonesia.

(sumber: dikutip dari beberapa keyword Pulau Derawan)

*Note: jika ada yang berminat melakukan perjalanan kesana dengan cara backpacker (mengingat akomodasi dan segala biayanya akan lebih murah, hehehehe) boleh langsung diskusi sharecost ke email saya di rizkiuzmi12@gmail.com

Tinggalkan jejakmu, simpan kenanganmu, abadikan gambarmu”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s