OH TERNYATA – ANGGREK

“Ini Ani

Ini ibu Ani

Ini Budi

Ini ibu Budi”

Pasti semuanya masih ingat ketika pertama sekali mengenyam bangku sekolah dasar (bahkan sebagian taman kanak-kanak bertaraf internasional sudah melatih anak didiknya agar mampu membaca) tulisan diatas sudah menjadi makanan sehari-hari. Ini alasan agar kelak penerus bangsa mampu membuka jendela dunia secara menyeluruh.

Hari ini ada tambahan pengetahuan baru yanag saya dapatkan dari membaca mengenai satu jenis makhluk hidup yang pasti jika dituliskan-disebutkan-didengarkan, masyarakat pada umumnya mengidentikkan jenis tumbuhan ini sebagai wanita-betina karena bentuk nya yang centil meliuk-liuk dan warnanya yang unik bergradasi. Namun sebenarnya, pada zaman dahulu tanaman ini identik dengan pria, baik warnanya bahkan strukturnya. Mau tau tanaman apa?? Ikuti kalimat-kalimat yang saya tuliskan di bawah ini.

ANGGREK termasuk kedalam famili “Orchidaceae” atau suku anggrek-anggrekkan, yang dalam bahasa yunani kata “orchid” berasal dari kata orchis yang berarti testicle atau buah zakar. Dan ternyata anggrek melambangkan kesuburan dan kejantanan, sehingga muncul anggapan kalau mengkonsumsi anggrek muda akan melahirkan anak laki-laki dan kalau mengkonsusmsi anggrek tua akan melahirkan anak perempuan. Uniknya tanaman anggrek ini dapat tumbuh di dataran rendah, gurun kering yang panasnya mengalahkan musim kemarau di Indonesia, hutan rimba, bahkan puncak gunung yang bersalju akan kita temui tanaman yang termasuk ke dalam ordo orchidaceae. Kebanyakan spesies anggrek tumbuh di daerah tropis.

Para ahli tumbuh-tumbuhan berkeyakinan bahwa anggrek memiliki lebih dari 26,000 jenis yang tentunya tersebar diseluruh dunia. Namun, akibat bnyak keruskan alam yang terjadi karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, kita banyak kehilang spesies yang belum dikenali dan tidak diketahui berapa jumlah pastinya.

Ingat tidak film luar negeri  yang sering ditayangkan di layar kaca Indonesia, judulnya “Anacondas: The Hunt For The Blood Orchid”. Film ini mengisahkan tentang sekelompok peneliti asal Amerika Serikat memiliki tujuan untuk mencari Anggrek Darah, yang konon katanya siapa saja yang memakannya bisa awet muda. Setelah melakukan penelitian panjang, diketahui bahwa Anggrek Darah ini hanya tumbuh seratus tahun sekali dan hanya ada di Borneo, Kalimantan, Indonesia. Akhirnya mereka melakukan pencarian sampai ke Indonesia. Nah, dari film ini membuktikan bahwa Indonesia terkenal di seluruh dunia akan kekayaan anggek-anggreknya yang tersebar di seluruh pulau. Papua, Kalimantan, Sumatera, Jawa, bahkan pulau-pulau kecil disekelilingnya. Fantastiknya lagi Indonesia menempati urutan kedua setelah Samba di Brazil yang diketahui dari 26.000 jenis yang tersebar di seluruh dunia, ada sekitar 5000-6000 spesies anggrek diantaranya terdapat di Indonesia.

Dari sekian banyak jenis anggrek yang ada di Indonesia, 10 jenis gambar bunga anggrek di bawah ini akan mewakili beribu jenis anggrek yang menawan asal Indonesia.

1.Anggrek Bulan

ANGGREK BULAN (TIPSRAWATRUMAH.COM).jpg
sumber gambar tipsrawatrumah.com

2.Anggrek Tebu

ANGGREK TEBU.jpg
sumber gambar dari kata kunci Anggrek Tebu

3.Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah (berijos.blogspot.com)
sumber gambar berijos.blogspot.co.id

4.Anggrek Kantung Kolopaking

ANGGREK KANTUNG KOLOPAKING (ALMENDAH.ORG).jpg
sumber gambar almendah.org

5.Anggrek Bibir Berbulu

ANGGREK BIBIR BERBULU 2 (ALMENDAH.ORG)
sumber gambar almendah.org

6.Anggrek Hitam

ANGGREK HITAM (ALMENDAH.ORG).jpg
sumber gambar almendah.org

7.Anggrek Stuberi

ANGGREK STUBERI (ALMENDAH.ORG).jpg
sumber gambar almendah.org

8.Anggrek Selop

ANGGREK SELOP (ALMENDAH.ORG).jpg
sumber gambar almendah.org

9.Anggrek Callus Vanda

CALTUS VANDA.jpg
sumber gambar gallery saya rizkiauzmi.wordpress.com

10.Anggrek Calanthe Triplicata

Calanthe triplicata.jpg
sumber gambar gallery saya rizkiauzmi.wordpress.com

Jika ingin mengunjungi salah satu gallery anggrek di Indonesia, tidak perlu jauh-jauh. Kebun Raya Bogor menyediakan rumah anggrek atau Orchidarium untuk membantu pengunjung menambah wawasan mengenai spesies anggrek.

“Tinggalkan jejakmu, simpan kenanganmu, abadikan gambarmu”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s