Ada Apa Dengan #HappyLittleSoul ?

Hallo April..

Dipostingan ini saya ingin berbagi cerita mengapa sebegitu antusiasmenya  saya menunggu kelahiran sesuatu. Dan saya yakin, bukan hanya saya saja yang memiliki antusiasme seperti itu, para “pengikut”nya pasti juga demikian. Pensarankan kelahiran siapa? Eits, simpan rasa pensarannya sampai melahap habis tulisan saya ya 🙂

Sudah sejak lama saya “ngepoin“ sebuah album digital a.k.a Instagram dari seorang ibu muda yang membagikan berbagai macam video tentang anaknya. Awalnya saya tidak begitu tertarik tentang isi Instagram itu, sampai pada satu video yang merekam kegiatan anaknya menyanyi sambil berjalan kearah lift dan mendadak lift itu terbuka, sontak si anak kaget dan berlari kearah ibunya sambil memperlihatkan ekspresi kaget yang paling menggemaskan (menurut saya). Setelah video itu selesai saya tonton, rasa penasaran saya berada dilevel paling teratas, hingga akhirnya saya memutuskan untuk berlalu-lalang di Instagram milik “Ibok” (begitulah panggilan sayang kami, sebagai stalker dari Instagram  @retnohening).

Bukan seperti ibu muda lainnya yang kebanyakan dari mereka membagikan foto ataupun video menceritakan pribadi mereka. Namun, Ibu muda inspiratif yang ini, hampir seluruh unggahannya kerap menceritakan tentang putri kecilnya. Yang saya baca dari artikel lain, awalnya Ibok mengunggah foto ataupun video gadis kecilnya untuk berbagi moment saja dengan saudara dan followers Ibok, dan kemudian semakin rajin unggah setelah Ibok dan keluarga pindah ke Oman (Muscat) biar keluarga bisa melihat tumbuh kembang gadis kecilnya.

Saya rasa Ibok juga tidak pernah membayangkan sebelumnya, dengan beliau mengunggah aktifitas anaknya apakah akan mendapat respon yang menyenangka ataupun sebaliknya. Dan nyatanya, selain keluarga sungguh banyak sekali orang yang juga turut menyayangi anaknya. Terbukti dari berbagai komentar yang tertulis pada setiap unggahannya. Tak terkecuali dengan saya dan si abang, instagramnya Ibok sudah menjadi topik hangat disela waktu yang kami habiskan bersama.

Meskipun jika dilihat dari sisi medis, gadis kecil itu special, kondisinya mengalami dermatitis atopi  atau eksim, tapi Ibok tidak pernah menunjukan kesedihannya dalam setiap unggahan. Ibok selalu mengajarkan gadis kecilnya untuk selalu bersyukur, dan benar saja, gadis kecil itu sealu mengucapkan “I love myself”. Seperti tamparan halus bagi saya, anak seusia dia saja paham bagaimana bersyukur, tapi saya selalu lupa untuk bersyukur atas apa yang ada pada diri saya sekarang. Bukan hanya tingkah lucunya yang menghibur, selain itu banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan dari Ibok dan gadis kecilnya.

Bahkan ketika salah satu video yang diunggah Bulek Hana (@sundarihana) tentang kerinduan putri kecil itu terhadap ibunya, percaya atau ngga, saya ikut terlarut dalam kesedihannya. See, bagaimana bisa sisi emosional saya yang jika dilihat dari segi umur sudah digolongkan wanita dewasa, ikutan ngga keruan hanya melihat tangis gadis kecil itu?

Setiap tingkah lucunya yang kerap diunggah sudah menjadi salah satu penawar ketika saya merasakan penat yang luar biasa dengan aktifitas yang saya lalui. Kadang, saya suka berandai-andai kelak memiliki anak secerdas gadis kecil itu. Tapi, kembali lagi kepada bagaimana cara mendidik yang benar. Sebenarnya banyak lagi dari unggahan Ibok yang inspiratif tentunya bisa dijadikan pelajaran dalam hal mendidik anak bagi yang belum, yang akan, ataupun yang sudah memiliki anak.

Mayesah Hafsah Kirana, gadis kecil yang belum genap berumur tiga tahun ini sudah menjadi kesayangan semua orang. Bukan hal yang tidak mungkin jika salah satu editor dari penerbit gagas media menawarkan Ibok untuk menulis sebuah buku tentang parenting. Karena menurutnya isi intagram Ibok sangat inspiratif untuk dijadikan panutan dalam hal mendidik, dan banyaknya kekaguman yang diberikan followersnya termasuk editor itu sendiri. Dan lagi-lagi pertanyaan saya, pernah ngga sebelumnya Ibu membayangkan jika seorang editor langsung yang menawarkan Ibok untuk melahirkan sebuah buku?

Sudah terjawab kan mengapa antusiasme saya begitu besar (tepatnya 6 minggu yang lalu ketika Ibok memposting tentang #HappyLittleSoul #TemanMainKirana) untuk menunggu kelahiran hasil karya Ibok dan buntelan cintanya?

Dan hari ini, tanggal 1 April, hari yang ditentukan memulai Pre Order untuk mendapatkan buku #HappyLittleSoul dengan bonus Mix and Match Kirana. Salah satu faktanya diseluruh kanal penjualan @republikfiksi (salah satu toko buku online yang ditunjuk @gagasmedia menjadi partner dalam melakukan Pre Order) sudah sold out hari ini. Nyatanya bukan hanya saya saja yang memiliki antusiasme yang tinggi, beratus ribu followers Ibok (mungkin saja lebih) juga bergembira menyambut karya Ibok. Ngga sabar nunggu buku itu menjadi salah satu koleksi saya. Dan ini merupakan buku koleksi pertama saya mengenai parenting, perlahan tapi pasti menjadi bekal untuk nantinya ketika kelak saya memiliki anak.

Ini cerita saya 🙂 Apa kamu juga se-antusias saya?

Leave a Reply

