Legenda James Bond “Sir Roger Moore” Tutup Usia

Roger-Moore-James-Bond.jpg
via express.co.uk

Roger Moore atau lebih dikenal sebagai James Bond tutup usia pada Selasa, 23 Mei 2017 diusianya yang ke-89. Bintang kenamaan dunia asal Inggris ini sebelumnya harus berjuang melawan kanker yang dideritanya. Kabar soal wafatnya diumumkan langsung oleh pihak keluarga melalui akun twitter resmi milik Roger Moore.

Pria kelahiran 14 Oktober 1927 nyatanya adalah anak tunggal dari seorang polisi, George Alfred Moore. Dulunya, ketika Roger Moore berusia 5 tahun, ia mengalami kondisi kritis dikarenakan peneumonia ganda. Riwayat penyakit yang dideritanya memang cukup kompleks. Pada tahun 2003,  Moore mulai mengenakan alat pacu jantung, dan pada tahun 2013 Moore didiagnosa terkena diabetes.

Ketika umurnya 18 tahun, Moore dipanggil oleh National Service. Sempat dipromosikan menjabat sebagai kapten, namun kemudian Moore menjadi komadan Royal Army Service Corps di Jerman Barat.

Setelah perang usai, Moore melanjutkan mimpinya yang dibangun sejak kecil, yaitu menjadi bintang film. Tidak perlu menunggu lama, setelah tiba beberapa hari di Amerika Serikat, Moore memula karirnya dengan bermain di film televisi yang berjudul World by the Trail pada tahun 1953.

Karakternya sebagai ksatria Ivanho yang melawan Pangeran Jhon dalm serial televisi bertajuk Ivanhoe pada tahun 1958 – 1959, mulai mengangkat namanya di dunia hiburan. Perannya sebagai Simon Templar pun dalam serial televisi The Saint semakin membuat namanya meroket. Sebelum memerankan agen mata-mata di James Bond, Moore sempat membintangi serial The Persuades! Bersama dengan aktor Tony Curtis, dari film ini Moore mendapatkan predikat sebagai aktor denngan bayaran tertinggi di dunia pada saat itu, yaitu Moore dibayar 1 Juta Poundsterling setial satu seri film yang dimainkannya. The Persuades! Sukses di Eropa dan Australia, namun gagal ditayangkan di Amerika Serikat.

Sepak terjangnya di dunia hiburan tidak perlu diragukan lagi. Aktor Hollywood ini memperoleh ketenaran lewat perannya sebagai agen rahasia dalam film James Bond dengan tujuh judul film yang dibintanginya dirilis antara 1973 dan 1985, diantaranya Live and Let Die (1973), The Man With the Golden Gun (1974), The Spy Who Loved Me (1977), Moonraker (1979), For Your Eyes Only (1981), Octopussy (1983), dan filmnya yang terakhir A View to a Kill (1985). Namun, dari ketujuh film yang diperankannya tersebut, Moore mengakui bahwa Ia lebih menyukai film The Spy Who Loved You dan film yang tidak disukainya adalah A View To Kill.

Cemerlangnya dunia karir Moore tentu tidak langsung membuatnya lupa untuk berkontribusi dalam kegiatan amal. Sejak tahun 1991 Moore mulai aktif di UNICEF. Selama 26 tahun Moore memperjuangkan hak anak-anak dan sudah mengunjungi proyek yang mengangkat issue mengenai anak-anak di lebih dari 16 negara. Inilah yang megantarkannya mendapatkan penghargaan Comander of the Order of the British Empire pada tahun 1999 dan gelar ksatria KBE (Knight  Commander of the Order of the British Empire) pada tahun 2003 atas kepeduliannya membantu anak-anak. Selain itu, mengingat dedikasinya sebagai salah satu duta aktif UNICEF, Moore juga dianugerahi penghargaan prestasi seumur hidup UNICEF pertama di Inggris pada tahun 2012. Penghargaan itu dinamai dengan namanya sendiri menjadi Roger Moore Lifetime Achievement Award. Sementara, pada 11 Oktober 2007 Moore menerima penghargaan dari Hollywood Walk of Fame. Bintang Moore tercatatkan sebagai bintang ke-2.350 dan terletak di 7007 Holywood Boulevard.

Wafatnya Moore, menorehkan duka mendalam tidak hanya bagi keluarga yang ditinggalkan, namun juga selebriti dunia yang mengagumi Moore. Sesuai permintaannya, Sir Roger Moore dimakamkan di Monaco.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s